Bisnis

Cara Promosi Produk Online Agar Cepat Laku

Cara Promosi Produk Online Agar Cepat Laku

Mithagram – Secara umum, ada dua jenis strategi promosi online, yaitu gratis dan berbayar. Strategi promosi online yang dilakukan secara gratis sering disebut dengan strategi organik. Ini berarti bahwa strategi tersebut dapat diterapkan tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Sedangkan yang kedua adalah strategi berbayar atau melalui penggunaan fungsi periklanan.

Strategi promosi online gratis mungkin terdengar lebih menarik, bukan? Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia online marketing. Tapi bagaimana dengan hasilnya?

Kuncinya adalah konsistensi. Yang penting punya promosi online gratis tentu tidak secepat saat menggunakan promosi atau iklan berbayar. Namun, selama Anda melakukannya secara rutin, Anda pasti akan bisa menuai banyak manfaat. Karena bagaimanapun juga, tidak ada yang instan untuk sukses dalam bisnis. Nah, daripada bingung harus mulai aman, yuk kita bahas strategi atau cara mempromosikan produk secara online untuk meningkatkan penjualan.

Di era digital, promosi masih menjadi cara untuk meningkatkan penjualan bisnis. Namun, metodenya berbeda dengan era pra-digital. Promosi di era digital membutuhkan strategi khusus untuk menjangkau konsumen dengan baik. Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan produk.

1. Buat situs web untuk bisnis Anda

Strategi atau metode promosi online yang pertama adalah dengan membuat website bisnis. Membuat website adalah suatu keharusan di era digital saat ini. Memiliki website seperti memiliki toko atau tempat usaha tanpa menghabiskan banyak uang untuk sewa dan memikirkan lokasi yang strategis. Domain web atau blog gratis adalah salah satu langkah alternatif dalam strategi promosi yang sangat cocok bagi pengusaha yang memiliki anggaran terbatas.

Anda dapat menikmati blog gratis dan menggunakan fitur gratis yang disediakan di situs web untuk mempromosikan produk layanan atau membeli domain yang lebih besar dari penyedia layanan dan mulai mengelolanya.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi di dunia, jejaring sosial menjadi bagian dari alat komunikasi dan strategi promosi produk yang harus dimiliki para wirausahawan. Hal ini diperlukan untuk menjembatani kesenjangan antara kontraktor dan pembeli sehingga komunikasi dapat terjalin dengan cepat, mudah dan efisien. Sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga bernama Manta menunjukkan bahwa ada banyak usaha kecil dan menengah yang mencapai laba atas investasi (ROI) di jejaring sosial sebesar 39% pada tahun 2013. Tren yang terlihat adalah ROI meningkat dan penggunaan sosial jaringan jaringan sosial sebagai strategi pemasaran pengusaha juga meningkat.

3. Buat vlog

Visual berbicara lebih keras atau gambar yang dapat berbicara lebih keras adalah motto saat ini berkembang dengan banyaknya kebiasaan orang saat ini untuk mengunggah aktivitas mereka baik melalui gambar atau video di berbagai jejaring sosial. Hal ini mengilhami strategi promosi produk menggunakan teknik gambar atau video dalam bentuk vlog. Membuat iklan produk dengan tampilan visual merupakan salah satu model baru dalam strategi promosi bisnis.

Video dapat menampilkan produk yang Anda tawarkan kepada konsumen atau dalam bentuk tutorial yang secara tidak langsung tetapi masih terkait dengan produk yang Anda tawarkan. Dengan video, produk dapat disajikan lebih detail dari sudut yang berbeda. Selain itu, fungsi suara juga dapat menambahkan informasi spesifikasi produk yang lebih lengkap.

4. Buat iklan gratis

Ketika beberapa pemilik bisnis merasa bahwa kegiatan pemasaran atau promosi sangat mahal, Internet dapat memberikan solusi. Internet adalah ruang yang luas tanpa batas, di mana Anda dapat menemukan banyak hal, termasuk iklan gratis. Di situs iklan gratis, anggota biasanya dapat memilih komunitas atau produk untuk ditawarkan, mendaftar, dan juga menulis penawaran barang atau jasa tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

5. Mulai Berjualan di Situs Marketplace

Strategi promosi selanjutnya adalah berjualan di situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. Selain gratis, mempromosikan produk di situs terbukti lebih banyak menarik konsumen baru. Jumlah pengunjung situs juga lebih tinggi, mencapai 5 juta pengguna setiap hari. Tentu saja jumlah ini beberapa kali lebih besar dari jumlah pengunjung website yang baru saja Anda buat.

Tips Investasi yang Bisa Dicoba Bagi Pemula

Tips Investasi yang Bisa Dicoba Bagi Pemula

Mithagram – Nasihat investasi seringkali dibutuhkan bagi para pemula, terutama bagi Anda yang belum pernah berinvestasi sebelumnya, karena pada akhirnya berinvestasi bukanlah hal yang mudah dan menantang. Bahkan mereka yang memiliki pengalaman investasi pun terkadang menemui banyak kendala. Namun tidak perlu ragu dan takut untuk mulai berinvestasi.

Anda mungkin awalnya bingung harus memulai dari mana sebelum berinvestasi, karena biasanya banyak faktor yang akan mempengaruhi Anda, mulai dari aman atau tidaknya investasi tersebut, berapa keuntungan yang akan didapat, hingga membicarakan kerugian.

 

Ketika Anda siap untuk berinvestasi, itu berarti Anda siap untuk mengambil semua risiko, terutama kerugian. Nah, yang namanya investasi juga tidak selamanya menguntungkan, bahkan terkadang berujung pada kerugian.

 

Namun sekali lagi sobat tidak perlu khawatir atau takut untuk berinvestasi, karena kami ingin berbagi tips investasi untuk pemula yang bisa Anda coba terapkan di bawah ini:

 

  1. Tetapkan tujuan investasi

Apa tujuan sebenarnya dari investasi? Jika pertanyaan seperti ini muncul, kebanyakan investor akan langsung merespon dengan menghasilkan lebih banyak uang. Ya, jawaban ini tidak sepenuhnya salah, karena kebanyakan orang berinvestasi untuk menghasilkan uang. Namun akan lebih baik lagi jika Anda juga memikirkan untuk apa uang investasi tersebut nantinya.

Jadi langkah pertama sebelum mulai berinvestasi adalah menetapkan beberapa tujuan atau goal yang ingin dicapai. Biasanya jenis investasi yang dipilih juga berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Misalnya ada yang ingin berinvestasi untuk biaya pendidikan, kemudian ada juga yang berinvestasi di properti, emas dan saham.

 

Ada juga banyak faktor lain yang harus Anda pertimbangkan ketika menetapkan tujuan investasi, seperti usia, status pribadi, situasi keuangan, pendapatan, dan keamanan modal.

 

  1. Perhatikan situasi keuangan

Tips investasi pemula yang harus Anda perhatikan adalah menghitung berapa banyak uang yang akan Anda investasikan. Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk membayar biaya dan keperluan lainnya agar tidak menjadi penghalang saat berinvestasi di masa depan.

tempat pengaduan gaji karyawan

Berinvestasi tidak membutuhkan banyak uang, tetapi ada risiko yang jelas. Jadi persiapkan dengan baik, jangan sampai investasi yang Anda lakukan mengganggu kebutuhan pokok dan biaya wajib Anda.

 

  1. Berinvestasilah sejak dini

Anda bisa memulai investasi kecil-kecilan sejak usia muda, misalnya dengan menabung di celengan. Kebiasaan yang sering dianggap remeh ini juga merupakan investasi, karena kita semua tahu bahwa menabung sejak dini memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah Anda akan lebih disiplin dan lebih menghargai uang.

Jika kebiasaan ini terus berlanjut saat Anda sudah cukup umur dan sudah bekerja, maka nilai investasi yang akan Anda lakukan akan lebih besar. Jadi sebaiknya Anda berinvestasi tanpa harus menunggu banyak uang terlebih dahulu. Kamu bisa memulai dari yang kecil asalkan tetap konsisten guys.

 

  1. Konsisten dalam berinvestasi

Tips selanjutnya adalah konsisten dengan rencana investasi yang Anda buat. Salah satu cara yang bisa Anda pilih adalah berinvestasi otomatis setiap bulan. Anda dapat mengatur rencana investasi otomatis ini melalui berbagai perusahaan pialang dan bank. Tapi yang paling sederhana adalah berinvestasi di bank.

Misalnya, Anda dapat memilih untuk berinvestasi dalam dana pendidikan. Anda dapat memutuskan berapa lama Anda ingin berinvestasi dan berapa banyak yang akan diinvestasikan per bulan. Bank akan secara otomatis menagih tabungan Anda.

 

Dengan cara ini, investasi akan lebih lancar dan konsisten. Ini juga akan membuat Anda disiplin dalam berinvestasi dan menyelamatkan Anda dari kemungkinan berhenti di tengah jalan.

 

  1. Terus belajar ilmu investasi

Meskipun saat ini Anda sedang berinvestasi, Anda juga perlu mempelajari beberapa hal tentang berinvestasi, mulai dari dasar-dasar berinvestasi, tujuan investasi, hingga mempelajari jenis-jenis investasi yang tersedia, sehingga Anda tahu cara mengambil keputusan yang tepat.

Nah, itulah tips paling dasar yang bisa dibagikan untuk Anda yang baru mulai berinvestasi. Sekarang tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak berinvestasi, bukan?