Jenis-Jenis Potensiometer Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Potensiometer Beserta Fungsinya

Mithagram –┬áPotensiometer adalah resistor yang resistansinya dapat diubah atau diatur sesuai dengan kebutuhan rangkaian elektronik. Potentio adalah keluarga resistor dan termasuk dalam kelompok resistor variabel.

Potensiometer terdiri dari tiga terminal, terminal wiper yang berfungsi sebagai wiper kaca depan dan dua terminal di ujungnya. Potensiometer juga disebut pot. Umumnya, potensiometer terdiri dari elemen resistif melingkar dan penggeser tengah. Elemen resistansi potensiometer biasanya terbuat dari karbon, cermet, plastik, kawat resistansi, dan lembaran logam.

Fungsi potensiometer

Pada dasarnya, potensiometer bertindak sebagai pembagi tegangan variabel. Ada banyak aplikasi sederhana untuk menggunakan potensiometer.

Dalam peralatan elektronik, potensiometer digunakan sebagai pengatur volume untuk peralatan audio atau video. Potensiometer juga biasa digunakan dalam berbagai konfigurasi untuk peredupan (sirkuit peredupan), kontrol tegangan atau arus catu daya (generator DC).

Dengan kemampuannya untuk mengubah nilai resistansi, potensiometer sering digunakan dalam rangkaian elektronik berikut:

  • Sebagai pengatur volume: berbagai peralatan audio atau video seperti amplifier, equalizer, osiloskop, kaset mobil dan pemutar DVD. 2. Sebagai pengatur tegangan dan arus pada rangkaian power supply
  • Sebagai pembagi tegangan
  • Digunakan di sirkuit triac.
  • Sebagai kontrol level sinyal
  • Digunakan sebagai konverter joystick

Jenis-Jenis Potensiometer

Berbagai jenis potensiometer banyak dijumpai, seperti potensiometer putar, digital, rheostat, dan geser. Berikut adalah penjelasan dari jenis-jenis potensiometer.

1. Potensiometer manual

Potensiometer manual dibagi menjadi dua jenis: potensiometer putar dan potensiometer geser.

Potensiometer putar

Potensiometer putar adalah jenis potensiometer yang paling umum digunakan dalam peralatan listrik. Resistansi potensiometer putar dapat disesuaikan dengan memutar penghapus di sepanjang lintasan. Wiper potensiometer putar biasanya memiliki tuas yang dapat digerakkan dengan gerakan memutar.

Potensiometer geser

Potensiometer slider adalah potensiometer yang resistansinya dapat diatur dengan slider. Biasanya Anda menggunakan ibu jari untuk menggerakkan wiper. Potensiometer geser juga disebut potensiometer geser, fader, atau potensiometer linier.

2. Potensiometer Digital

Potensiometer digital adalah komponen elektronik yang dikontrol secara digital. Potensiometer digital biasanya digunakan untuk memotong dan mengukur sinyal analog dari mikrokontroler. Potensiometer digital biasanya dikontrol melalui komunikasi digital I2C dan SPI.

3. Rheostat

Rheostat adalah resistor variabel dua terminal yang tahan terhadap arus tinggi dan tegangan tinggi. Potensiometer juga dapat digunakan sebagai rheostat atau resistor variabel tunggal.

Cara terbaik untuk menggunakan rheostat adalah menghubungkan terminal penghapus ke ujung salah satu terminal. Hal ini mencegah wiper rusak atau kehilangan kontak karena pengaruh kotoran, dll.

Referensi:

Kelas PLC