kekuatan dahsyat Sholawat

0 Views
Published
Menjadi orang yang berpikiran terbuka terkadang terasa susah buat kita. Menampung berbagai macam bentuk pemikiran orang lain baik itu pemikiran yang sama maupun berbeda. Akan susah untuk menampung ide – ide yang berbeda apalagi jika ide itu bertolak belakang dengan ide kita.

Keterbukaan pikiran kita untuk menerima sesuatu yang baru dari luar batas toleransi pengertian kita menandakan kalau kita mampu untuk membuka diri kita terhadap apapun yang bisa saja menggoyangkan prinsip kita.Seperti yang kita ketahui, tidak gampang menerima suatu prinsip dari luar sana yang berbeda bahkan bertentangan dengan prinsip dasar berpikir yang sudah kita punya.

Keterbukaan pikiran juga sebuah ukuran seberapa besar toleransi dan fleksibilitas kita untuk memahami pemikiran orang lain. Atau dengan kata lain memandang dari sudut pandang orang lain. Satu hal yang harus diingat: memahami itu tidak harus menyetujui.

Ide dan pemikiran yang kita terima tidak hanya dari orang lain saja. Bisa juga dari sesuatu yang kita sendiri temui sehari-hari. Mengalami suatu pengalaman memiliki rasa penasaran untuk tau lebih lagi.

Orang yang punya pikiran terbuka (Open Minded) adalah orang yang bersedia mengubah sudut pandang mereka ketika dihadapkan dengan suatu fakta dan bukti. Dan orang yang tidak bersedia menyesuaikan cara pandang dan terlalu mempertahankan prinsip (idealis) akan merasa kurang puas, belum lagi merasa bosan.

Kalau kita membatasi diri hanya dengan apa yang sudah kita ketahui dan merasa nyaman cukup dengan apa yang ada, lama kelamaan akanketinggalan dan frustasi.
Category
Religion